Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Cara Menghindari Abrasi Pantai

Cara Menghindari Abrasi Pantai

Cara menghindari abrasi pantai yang tepat wajib diketahui untuk mencegah terjadinya abrasi. Abrasi merupakan proses terjadinya pengikisan yang terjadi di area pantai serta diakibatkan oleh gelombang laut. Abrasi ini juga dapat menyebabkan pantai menjadi semakin lebar, hal ini tentunya mengancam bagi siapa saja yang tinggal di tepi pantai. Maka dari itu perlu adanya pencegahan terhadap kejadian abrasi yang tergolong sangat merugikan ini. Pada berbagai penelitian, istilah abrasi ini juga sering disebut sebagai erosi pantai. Titik yang mengalami pengikisan adalah pada garis pantai.

cara-menghindari-abrasi-pantai

Kejadian abrasi ini memberikan dampak yang amat serius, karena dengan abrasi maka dapat membuat rusaknya keseimbangan alam yang ada pada wilayah pantai tersebut. Abrasi ini juga merupakan bencana alam. Namun, perlu diketahui bahwa manusia sendiri juga bisa menjadi pemicu yang memperarah terjadinya bencana abrasi tersebut. Pada sisi lain, manusia juga dapat melakukan sejumlah langkah jitu guna untuk meminimalisir dampak dari tejadinya abrasi. Lantas apa saja cara yang harus dilakukan untuk menghindari abrasi pantai? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah abrasi. Salah satu cara menghindari abrasi yang paling konvensional adalah dengan cara membangun pemecah gelombang. Langkah ini memiliki tujuan agar kekuatan gelombang yang tiba di garis pantai menjadi tidak terlalu kuat,sehingga tidak memiliki potensi untuk mengikis padatan yang ada pada titik tersebut. Langkah penghindaran ini terbilang begitu sangat efektif.

Baca Juga :  Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Namun yang harus disadari adalah pemecah gelombang tidak dapat bertahan selamanya karena bisa ambruk serta rusak karena terkikis oleh gelombang. Cara menghindari abrasi selanjutnya adalah dengan menanam mangrove. Langkah penanggulangan yang berbasis konversi ini idealnya disandingkan bersama opsi pemecah gelombang. Manfaat dari hutan bakau atau mangrove adalah untuk melindungi garis pantai. Langkah ini terbilang cukup efektif, karena selain dapat mencegah abrasi, langkah ini juda memiliki manfaat yang secara signifikan, cara menghindari abrasi pantai adalah :

Baca Juga :  Reklamasi Teluk Benoa
  1. Menjaga stabilitas garis pantai.
  2. Berperan untuk membantu menahan serta menyerap tiupan angina laut yang begitu kencang.
  3. Hutan bakau atau mangrove menjadi sumber plasma nutfah.
  4. Mengurangi dampak bencana alam pada laut, misalnya tsunami.
  5. Hutan mangrove atau bakau dapat membantu mengurangi polusi baik yang ada di udara maupun yang ada di air.
  6. Membantu dalam proses pengendapan lumpur, dengan begitu maka kualitas air pada lautan akan menjadi jauh lebih terjaga.
  7. Hutan mangrove atau bakau menjadi salah satu sumber oksigen bagi makhluk hidup.
  8. Hutan mangrove atau bakau juga cukup berperan untuk membantu menjaga keseimbangan alam.
  9. Hutan mangrove juga dapat menjadi sebagai habitat alami bagi berbagai spesies seperti misalnya kepiting, beberapa jenis ikan, burung, dan jenis spesies yang lain.

Mengingat manfaatnya yang begitu sangat beragam, maka sebaiknya cara mencegah abrasi dengan berbasis pada konservasi mangrove ini begitu sangat layak untuk dicoba. Mengapa demikian? Karena selain memiliki manfaat yang begitu banyak, hutan mangrove juga tidak perlu untuk diperbaharui dari tahun ke tahu seperti halnya jenis pencegahan abrasi yang menggunakan pemecah ombak. Selain itu kejadian abrasi juga dapat dicegah melalui cara lain, misalnya saja dengan melestarikan terumbu karang atau melarang pertambangan pasir pantai. Dengan melakukan berbagai cara tersebut, diharapkan abrasi tidak terjadi di titik pantai manapun khususnya di pantai yang ada di Indonesia. Sekian pembahasan tentang Cara Menghindari Abrasi Pantai, baca juga pembahasan lainnya tentang Manfaat Dataran Tinggi Bagi Kehidupan di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online