Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Contoh Pengaruh Hidrologis Terhadap Kehidupan

Contoh Pengaruh Hidrologis Terhadap Kehidupan

Contoh pengaruh hidrologis terhadap kehidupan yang ada di muka bumi ini begitu banyak. pada dasarnya ketersediaan air yang ada di daratan bumi dapat tetap selalu terjaga karena adanya hujan. Hujan dapat tercipta akibat adanya suatu mekanisme oleh alam yang berlangsung secara siklus dan terjadi secara terus menerus. Mekanisme alam yang dimaksud tersebut biasa dikenal dengan sebutan siklus hirologi atau siklus air. Siklus hidrologi merupakan salah satu dari siklus biogeokimia yang terjadi di bumi. Siklus hidrologi sendiri merupakan suatu siklus atau sirkulasi air dari bumi ke atmosfer serta kembali lagi ke bumi yang berlangsung secara terus menerus. Contoh pengaruh hidrologis terhadap kehidupan yang berupa siklus hidrologi memegang peranan yang begitu penting bagi kehidupan manusia atau organisme yang lain yang ada di bumi. Dengan adanya siklus hidrologi maka memberikan banyak pengaruh diantaranya adalah ketersediaan air di daratan bumi selalu tetap terjaga, tertaurnya suhu lingkungan, cuaca, hujan serta keseimbangan ekosistem bumi dapat tercipta. Pada siklus hidrologi ini, air melalui beberapa tahapan.

contoh-pengaruh-hidrologis-terhadap-kehidupan

Contoh pengaruh hidrologis terhadap kehidupan diawali dengan terjadinya penguapan air yang ada di permukaan bumi. Penguapan inilah disebut sebagai evaporasi. Evaporasi mengubah air yang berwujud cair menjadi air yang berwujud gas sehingga memungkinkan air tersebut untuk naik ke atmosfer bumi. Semakin tinggi panas matahari, maka jumlah air yang menjadi upa serta naik ke atmoster bumi semakin besar. Penguapan air juga berlangsung pada jaringan mahluk hidup seperti misalnya hewanserta tumbuhan. Penguapan jenis ini disebut dengan transpirasi. Transpirasi mengubah air yang berwujud cair yang ada dalam jaringan mahluk hidup menjadi upa air serta selanjutnya membawanya naik ke atas menuju ke atmosfer. Namun, jumlah air yang menjadi uap melalui proses transpirasi ini umumnya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah uap air yang dihasilkan melalui proses evaporasi. Selanjutnya akan terjadi proses evapotranspirasi.

Evapotranspirasi merupakan penguapan air secara keseluruhan yang terjadi pada seluruh permukaan bumi, baik yang terjadi di badan air serta tanah, maupun di jaringan mahluk hidup. Naiknya uap air dari permukaan bumi menuju ke atas atmosfer bumi dipengaruhi oleh proses sublimasi. Sublimasi merupakan proses perubahan es di kutub atau di puncak gunung yang menjadi uap air tanpa sebelumnya melalui fase cair.

Baca Juga :  Dampak Negatif Tenaga Eksogen

Saat uap air yang dihasilkan akibat adanya proses evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi serta proses sublimasi naik hingga mencapai pada suatu titik ketinggian tertentu, maka uao air tersebut akan berubah bentuk menjadi partikel-partikel es yang berukuran sangat kecil melalui proses kondensasi. Selanjutnya partikel tersebut akan saling mendekati serta bersatu satu sama lain dan membentuk awan. Awan yang telah terbentuk berdasarkan proses kondensasi ini selanjutnya akan mengalami adveksi. Adveksi merupakan proses perpindahan awan dari suatu titik menuju ke titik lain dengan horizontal akibat adanya arus angina atau perbedaan tekanan udara.

Awan yang telah mengalami adveksi selanjutnya akan mengalami proses persipitasi, proses ini merupakan proses mencairnya awan akibat adanya pengaruh suhu udara yang tinggi. Setelah melewati proses presipitasi, selnjutnya air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dan saat itu juga prose run off pun terjadi. Run off merupakan suatu proses pergerakan air daru tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah di permukaan bumi. Selanjutnya air akan bergerak menuju ke tanah yang bisa disebut dengan proses infiltrasi. Sekian pembahasan tentang Contoh Pengaruh Hidrologis Terhadap Kehidupan, baca juga pembahasan lainnya tentang Cara Menghindari Abrasi Pantai di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online