Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Dampak Positif Gempa Bumi

Dampak Positif Gempa Bumi

Dampak positif gempa bumi bagi kehidupan sangat banyak, selama ini manusia menganggap gempa bumi adalah sebuah bencana. Pada kenyataannya banyak orang yang berfikir gempa bumi merupakan bencana yang paling ditakuti karena akibat yang ditimbulkan begitu sangat fatal. Gempa bumi adalah suatu getaran atau guncangan yang terjadi pada permukaan bumi akibat pelepasan energy daru dalam yang secara tiba-tiba dan menciptakan gelombang sistemik. Gempa bumi dapat disebabkan oleh peregrakan kerak bumi atau yang biasa disebut dengan lempeng bumi. Frekuensi yang ada pada suatu wilayah mengacu pada jenis serta ukuran gempa bumi yang di alami selama periode waktu.

dampak-positif-gempa-bumi

Gempa bumi dapat diukur menggunakan alat yang bernama seismometer, serta proses kedatangannya hingga saat ini belum ada alat yang bisa memprediksi dengan akurat. Moment magnitude merupakan skala yang begitu umum dimana gempa bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter merupakan skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional dan di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude.

Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dibagi menjadi beberapa jenis yaitu gempa bumi tektonik, gempa bumi tumbukan, gempa bumi runtuhan, gempa bumi buatan, dan gempa bumi vulkanik. Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, aktivitas tektonik yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik yang secara mendadak dan mempunyai kekuatan dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

Baca Juga :  Tipe-Tipe Gunung Api

Gempa bumi dapat menimbulkan tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi akibat pergeseran lempengan plat tektonik seperti halnya gelang karet yang ditarik kemudian dilepaskan dengan cara yang tiba-tiba. Sedangkan gempa bumi tumbukan merupakan gempa bumi yang diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi. Gempa bumi runtuhan merupakan gempa bumi yang biasa terjadi pada daerah kapur atau pada daerah pertambangan.

Baca Juga :  Dampak Positif Vulkanisme Dalam Kehidupan

Gempa bumi buatan merupakan gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia. Kemudian yang terakhir adalah gempa bumi vulkanik, gempa bumi vulkanik merupakan gempa bumi yang terjadi karena adanya aktivitas magma dan biasa terjadi sebelum gunung api meletus.
Dampak positif gempa bumi begitu sangat banyak, diantaranya adalah :

  1. Gelombang gempa digunakan para ahli untuk membuat struktur bumi, karena hanya gelombang gempa saja yang bisa menerobos ke lubang perut bumi dengan cara menelusuri jalur dari datangnya gempa.
  2. Karena gempa bumi, kini para ahli mengetahui letak sumber minyak bumi.
  3. Terjadinya tektonisme dapat membentuk relief bumi yang baru.
  4. Tektonisme dapat mengangkat mineral tambang ke permukaan bumi.
  5. Seisme dapat digunakan sebagai sarana untuk mendeteksi keberadaan barang tambang tertentu.
  6. Terjadinya vulkanisme dapat menghasilkan mineral-mineral yang baru dan berguna bagi kelangsungan hidup mahluk di bumi.
  7. Terjadinya vulkanisme dapat menghasilkan berbagai macam bahan bangunan seperti misalnya batu, pasir dan lain sebagainya.
  8. Terjadinya vulkanisme dapat menghasilkan tanah yang begitu subur dan sangat berguna bagi berbagai macam tanaman.
  9. Terjadinya vulkanisme dapat menghasilkan sumber panas bumi.

Meskipun demikian, gempa bumi tidak pernah lepas dari dampak negative yang tentunya merugikan mahluk hidup terutama manusia. Gerakan kulit bumi karena gempa bumi dapat menimbulkan patahan serta penurunana tanah. Goncangan yang ditimbulkan dari gempa bumi juga dapat berakibat kerusakan yang fatal pada bangunan serta infrastruktur masyarakat. Serta yang paling umum terjadi adalah gemoa bumi menumbulkan kerugian harta benda dan juga jiwa. Sekian pembahasan tentang
Dampak Positif Gempa Bumi, baca juga pembahasan lainnya tentang Contoh Pengaruh Hidrologis Terhadap Kehidupan di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online