Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Fakta Antartika Unik dan Menarik

Fakta Antartika Unik dan Menarik

Fakta Antartika yang unik dan menarik belum banyak yang mengetahuinya. Antartika merupakan suatu benua yang meliputi kutub selatan bumi dan hampir seluruh kawasannya teletak di lingkar Antartika serta dikelilingi oleh samudra Pasifik, samudra Atlantik dan samudra Hindia. Luas wilayah Antartika adalah 14.0 juta km2, ini merupakan sangat luas mengingat antartika merupakan benua terluas ke lima setela Eurasia, Afrika, Amerika Utara serta Amerika Selatan.

fakta-antartika-unik-dan-menarik

Antartika memiliki kelembaban rata-rata terendah, merupakan benua tertandus, suhu rata-rata terendah diantara semua benua yang ada di bumi, benua dengan anginya yang paling kencang, serta memiliki elevasi rata-rata tertinggi dari semua benua. Bahkan Antartika dianggap sebagai gurun, hal ini dikarenakan benua ini hanya memiliki curah hujan 200 mm di sepanjang pantai serta jauh lebih sedikit pada kawasan pedalaman. Antartika dianggap sebagai tempat terdingin yang ada di muka bumi ini karena sebagian besar wilayahnya tertutup es sepanjang tahun hingga mencapai -89’C.

Fakta Antartika hanya dihuni sekitar 1000 hingga 5000 orang saja, itupun umumnya dihuni oleh para peneliti serta ilmuwan dengan batas waktu tertentu saja. Karena memiliki suhu yang dingin, maka hanya organisme yang dapat hidup serta beradaptasi pada suhu dingin saja yang bisa bertahan termasuk berbagai jenis fungi, bakteri, algam Protista, tumbuhan, dan berbagai jenis hewan seperti penguin, nematode, dan anjing laut. vegetasi yang ada di Antartika hanya tundra. Antartika adalah zona bebas meskipun hingga saat ini ada beberapa Negara di dunia ynag mengajukan klaim kepemilikan wilayah yang ada di benua tersebut.
Fakta-fakta Antartika adalah kalian tidak dapat berdarah di sana tekecuali jika gigi geraham bungsu kalian telah dicabut serta usus buntu kalian telah dipotong, hal ini dikarenakan di sana belum tersedia tempat untuk melakukan oprasi medis.

Baca Juga :  Pembentukan Benua dan Samudra

Tempat paling kering di fakta Antartika adalah Dry Valleys, serta benua Antartika memiliki top-level domain sendiri yaitu aq. Sekitar 53 juta tahun yang lalu, Antartika begitu terasa hangat, bahkan ada pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantainya, suhu di Antartika juga pernah melambung hingga mencapai di atas 20’C. Metallica pernah mengadakan pertunjukan di benua Antartika dan bertemakan Freeze’Em All. Pada jaman dahulu, pernah ada stasiun pembangkit listrik tenaga nuklir di benua Antartika. Stasiun McMurdo merupakan pembangkit nuklir yang paling besar di Antartika, dan telah dioprasikan oleh AS sejak 1962.

Baca Juga :  Batu Ruby Memiliki Harga yang Bervariasi

Pada kawasan Antartika juga terdapat divisi pemadam kebakaran. Meskipun dipenuhi es hingga sangat minim terjadinya kebakaran, tapi demi keselamatan di Antartika maka hal tersebut diadakan. Meskipun pada benua Antartika memiliki suhu yang tergolong ekstrim, namun tercatat ada sebanyak 1.159 spesies jamur yang telah diidnetifikasi dan dapat bertahan hidup di Antartika. Antartika juga memiliki zona waktu yang ada di dunia ini. semua garis bujur yng kita gunakan dalam menentukan zona waktu bertemu pada dua kutub yaitu utara dan selatan. 99% fakta Antartika ditutupi oleh es Glester yang menutupi benua dan sering disebut sebagai Ice Sheet. Ketebalan rata-rata es pada benua Antartika adalah kira-kira 1 mil atau 1.6 km.

Antartika memiliki kurang lebih 70% dari semua air tawar yang ada di bumi. Benua Antartika baru benar-benar diketahui pada tahun 1820, sebelumnya orang berfikir bahwa benua Antartika hanyalah sekelompok gugusan pulau saja. Pada tahun 1959 diadakan negoisasi rahasia yang dilakukan antara 12 negara guna untuk mendatangi perjanjian yang isinya dalah benua Antartika ini hanya sebagai kegiatan penelitian perdamaian. Bahkan hingga hari ini, perjanjian tersebut telah ditanda tangani oleh 48 negara. Sekian pembahasan tentang Fakta Antartika Unik dan Menarik, baca juga pembahasan lainnya tentang Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online