Home / Ilmu Peta / Peta / Langkah-Langkah Membaca Peta

Langkah-Langkah Membaca Peta

Langkah-langkah membaca peta perlu diperhatikan agar tidak salah dalam membaca peta. Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang disajikan pada selembar bidang. Peta merupakan salah satu bentuk informasi yang ditampilkan dalam bentuk visualisasi. Kita bisa mendapatkan informasi secara rinci jika bisa membacanya dengan tepat. Saat membaca peta, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang komponen peta. Dengan mempelajari komponen peta kita bisa memahami simbol serta informasi pada peta dengan baik. Langkah pertama dalam membaca peta adalah jangan lupa untuk memperhatikan judul peta. Untuk mengetahui isi peta, kita harus terlebih dahulu membaca judul peta itu. Karena judul peta biasanya sudah memberikan isi serta karekteristik gambar peta didalamnya.

langkah-langkah-membaca-peta

Langkah-langkah membaca peta selanjutnya adalah memperhatikan skala pada peta. Memperhatikan skala sangat penting untuk mengetahui jarak sebenarnya. Ini sangat memudahkan kalian yang ingin berpergian ke suatu tempat. Sehingga kalian bisa memperkirakan jarak yang ditempuh saat berpergian dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Sebagai contoh, sebuah peta berskala 1 : 100.000 ini berarti bahwa 1 cm di peta sama dengan 100.000 cm. Jangan lupa untuk memperhatikan garis lintang serta garis bujur. Kalian bisa dengan mudah menemukan posisi suatu daerah yang digambar saat mengetahui koordinat garis lintang serta garis bujurnya. Perhatikan juga orientasi atau arah mata angin pada peta. Orientasi atau arah mata angin pada peta biasanya menunjuk ke arah utara. Jika kita memperhatikan arah mata angin, kita bisa segera mengetahui arah suatu lokasi yang berada di peta itu.

Langkah-langkah membaca peta yang paling penting selanjutnya adalah memperhatikan sumber dan tahun pembuatan peta. Sumber data serta tahun pembuatan wajib dimasukkan dalam peta. Ini supaya kita bisa mengetahui sumber datanya serta tahun pembuatannya. Seperti yang kalian ketahui bahwa setiap tahun pemetaan sebuah wilayah akan berubah. Ini biasa disebabkan karena pengukuran serta pembuatan peta yang semakin lama semakin canggih. Sehingga peta keluaran terbaru biasanya lebih baik daripada peta keluaran lama. Selain itu simbol pada peta juga sangat penting. Simbol di dalam peta biasa digunakan buat mewakili keadaan sebenarnya di sutau wilayah.

Baca Juga :  Alat Untuk Mengukur Kecepatan Angin Anemometer

Buat mengetahui arti dari simbol-simbol dalam peta, kalian bisa mengacu pada legenda. Atau keterangan-keterangan simbol yang biasanya terdapat dalam peta. Biasanya simbol peta akan memberitahukan mana jalan raya, mana rel kereta, danau, sungai dan lainnya. Selain langkah-langkah membaca peta, akan lebih baik jika kalian bisa membuat peta sederhana.

Baca Juga :  Tabel Persebaran Barang Tambang di Indonesia

Proses pembuatan peta sederhana bisa dimulai dengan pengukuran langsung serta pembuatan peta tematik sederhana. Kalian bisa memulainya dengan membuat peta untuk wilayah yang kecil. Lalu melanjutkannya secara bertahap, sampai membuat peta dengan daerah yang luas. Saat pembuatan peta kalian wajib menggunakan kompas megnetik serta pita ukur. Gunakanlah pita ukur yang mempunyai panjang 50 meter serrta dapat digulung.

Pengukuran ini bisa menggunakan metode berantai. Yang perlu diperhatikan saat mengukur adalah sudut arah dan jaraknya. Kalian bisa mencoba mengukur wilayah yang kecil dan berlanjut hingga menghitung wilayah yang lebih luas. Sudut arah harus diukur dengan menggunakan alat kompas magnetik. Sedangkan jarak bisa diukur dengan menggunakan pita ukur dengan panjang minimal 50 meter. Agar penghitungan jauh lebih tepat serta efisien saat melakukan pengukuran. Belajar membuat peta sederhana akan membuat kalian lebih cermat saat membaca peta yang jauh lebih kompleks. Demikian pembahasan tentang Langkah-Langkah Membaca Peta, baca juga pembahasan lainnya tentang Negara Yang Memiliki Potensi Gas Alam di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online