Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Letak Astronomis Benua Antartika

Letak Astronomis Benua Antartika

Letak astronomis benua Antartika ini yaitu 66,5 LS – 90 LS, dan terletak pada lingkar kutub selatan bumi. Antartika merupakan benua yang menyimpan banyak keunikan serta fakta-fakta menarik. Benua Antartika meliputi kutub selatan bumi serta hampir seluruhnya terletak pada lingkar Antartika. Antartika dikelilingi oleh samudera Pasifik, samudera Hindia, serta samudera Atlantik. Antartika merupakan benua terluas kelima yang ada di bumi ini setelah Eurasia, Amerika utara, Afrika, serta Amerika selatan. Antartika merupakan zona bebas, meskipun hingga saat ini ada beberapa Negara yang ada di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan wilayah benua Antartika tersebut. Keberadaan Antartika baru benar-benar diketahui tepat pada tahun 1820, sebelumnya orang hanya berfikir bahwa Antartika tersebut merupakan sekelompok gugusan pulau.

letak-astronomis-benua-antartika

Tahukah kalian letak astronomis Benua Antartika kini dijadikan sebuah tempat wisata yang begitu seru dan menantang?  Wisata ke Antartika biasanya dilakukan dengan melalui pelayaran laut, orang-orang diperbolehkan menaiki kapal pesiat mewah yang akan berlayar mendekati benua Antartika ini dalam jarak yang aman, mengingat laut disekitar Antartika dipenuhi dengan gunung-gunung es.

Pada dasawarsa 70-an, wisata dengan menggunakan pesawat terbang juga begitu populer namun hanya untuk sesaat. Saat itu ada 2 maskapai penerbangan yaitu Qantas Airlines serta Air New Zealand yang melayani penerbangan yang melintasi benua Antartika guna untuk menikmati pemandangan dari udara. Namun pada tanggal 28 November 1978 sebuah kecelakaan terjadi saat pesawat Air New Zealand penerbangan TE-901 menabrak gunung Erebus, hal ini membuat sejak saat itu penerbangan menikmati pemandangan di Antartika dari udara dihentikan.

Luas wilayah Antartika adalah 14,0 juta kilometre persegi, dan suhu terdingin yang pernah tecatat di bumi terjadi di benua Antartika yaitu hingga minus 128,5 derajat Fahrenheit (minus 89,2 derajat celcius). Suhu tersebut tercatat pada tanggal 21 Juli 1983 melalui stasiun Vostok Antartika. Pegunungan Trasantartika membelah kutub selatan hingga menjadi bagian timur serta barat. Dengan panjang hingga mencapai 3500 mil. Transantartika adalah salah satu pegunungan yang terpanjang yang ada di dunia. Antartika memiliki kelembaban rata-rata terendah, benua tetandus, suhu rata-rata terendah di antara semua benua yang ada di bumi, serta memiliki elevasi rata-rata tertinggi dari seluruh benua.

Antartika dianggap sebagai gurun, hal ini dikarenakan benua ini hanya memiliki curah hujan 200 mm di sepanjang pantai serta jauh lebih sedikit pada kawasan pedalaman. Antartika dianggap sebagai tempat terdingin yang ada di muka bumi ini karena sebagian besar wilayajnya tertutup es sepanjang tahun hingga mencapai -89’C. Sekitar 53 juta tahun yang lalu, Antartika begitu terasa hangat, bahkan ada pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantainya, suhu di Antartika juga pernah melambung gingga mencapai di atas 20’C.

Antartika merupakan benua yang sangat minim akan penduduk yang membuat benua ini begi sangat sepi. Hanya sekitar 1000 hingga 5000 orang saja yang hidup di benua Antartika ini, itupun umumnya dihuni oleh para peneliti serta ilmuan tentunya dengan batas waktu tertentu saja. Seperti halnya berbagai Negara yang lain yang memiliki top-level domain sendiri, Antartika pun demikian, ia memiliki top-level domain yaitu aq. Meskipun Antartika memiliki suhu yang begitu ekstrim, namun di Antartika tercatat ada sebanyak 1.150 spesies jamur yang telah teridentifikasi dan dapat nertaha hidup di Antartika. Mengingat jamur dapat beradaptasi dengan sempurna pada suhu terendah yang begitu ekstrem, siklus pembekuan serta pencairan terus menerus dan juga berulang-ulang. Sekian pembahasan tentang Letak Astronomis Benua Antartika, baca juga pembahasan lainnya tentang Penyebab Penipisan Lapisan Ozon di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online