Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Lingkup Kajian Geografi dan Peta

Lingkup Kajian Geografi dan Peta

Lingkup kajian geografi dan peta biasanya mengungkapkan gejala geografi yang terjadi. Selain itu geografi mempunyai beberapa prinsip. Salah satunya adalah prinsip penyebaran yang biasa digunakan buat menggambarkan gejala serta fakta-fakta geografi. Serta dipakai buat mengungkapkan hubungan antar gejala geografi yang terjadi. Selanjutnya adalah prinsip interrelasi yang biasa digunakan buat menganalisis gejala fisik dengan gejala non-fisik. Prinsip ini bisa dipakai buat menjelaskan sebuah gejala geografi di suatu wilayah. Lalu ada prisnsip deskripsi, prinsip ini biasa digunakan buat memberikan gambaran lebih jauh mengenai gejala geografi yang sedang dianalisis. Yang terakhir adalah prinsip korologi yang biasa digunakan dalam peninjauan penyebaran, interrelasi, serta interaksi.

lingkup-kajian-geografi-dan-peta

Lingkup kajian geografi dan peta biasanya membahas geografi secara mendalam. Geografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari geosfer dengan berbagai macam sudut pandang. Seperti dari sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan. Ruang lingkup kajian geografi biasanya terdiri dari fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Sehingga geografi bisa mendapatkan data serta fakta dimanapun dan kapanpun. Selain itu, ilmu ini juga mempelajari interaksi manusia dengan lingkungannya. Objek ilmu geografi sendiri biasanya terbagi menjadi dua, yaitu objek material serta fenomena geosfer. Fenomena geosfer biasanya terdiri dari beberapa lapisan seperti litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosferm serta antroposfer.

Dalam buku Rhoad Murphey yang berjudul “The Scope of Geography”. Mengatakan bahwa ada 3 pokok ruang lingkup dalam ilmu geografi. Yang pertama adalah mempelajari persebaran serta hubungan antar umat manusia di bumi. Serta meneliti aspek keruangan yang menjadi tempat hidup manusia dan bagaimana pemanfaatannya. Lingkup kajian geografi dan peta juga mempelajari hubungan timbal balik manusia dengan lingkungan disekitarnya. Yang dibahas dalam ilmu keanekaragaman manusia dan hayati. Ilmu geografi juga meneliti kerangka serta menganalisis regionl yang memiliki ciri khusus. Sehingga bisa dikatakan bahwa ruang lingkup geografi tidak bisa lepas dari aspek alamiah serta aspek manusiawi. Sehingga pengertian lingkungan pada geografi tidak hanya membahas lingkungan alam saja. Tapi juga membahas lingkungan yang dihasilkan oleh manusia.

Lingkup kajian geografi dan peta terutama geografi pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu objek material dan objek formal. Objek material merupakan objek yang meneliti segala fenomena geosfer yang berupa fisik maupun sosial. Objek material fisik biasanya seperti iklim, tanah, serta air. Objek material sosial biasanya membahas masalah persebaran penduduk, mobilitas penduduk, serta pola pemukimannya. Sedangkan objek material biasanya mengkaji tentang lapisan-lapisan bumi seperti fenomena geosfer. Untuk objek formal biasaya mengkaji sudut pandang tentang gejala geosfer yang terjadi. Pendekatan yang digunakan dalam objek formal geografi biasanya terdiri dari beberapa aspek. Seperti aspek keruangan, aspek kelingkungan, aspek kewilayahan serta aspek waktu. Aspek keruangan merupakan ilmu yang mempelajari suatu wilayah baik dari segi nilai suatu tempat serta berbagai macam kepentingannya. Aspek Kelingkungan lebih mempelajari suatu tempat serta keadaan yang terjadi di dalamnya. Biasanya aspek ini membahas tentang iklim, tanah, air, dll. Aspek kewilayahan cenderung membahas kesamaan serta cirri khas di suatu wilayah seperti di gurun pasir. Sedangkan aspek waktu lebih menekankan kepada perubahan waktu. Biasanya aspek ini lebih mendalami perubahan yang terjadi di sebuah wilayah dari waktu ke waktu. Aspek-aspek inilah yang menjadi bahan acuan dalam kajian peta. Mengingat bahwa disetiap wilayah selalu terjadi sebuah perubahan dari waktu ke waktu. Sekian pembahasan tentang Lingkup Kajian Geografi dan Peta, baca juga pembahasan lainnya tentang Cara Membuat Peta Kontur di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online