Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Manfaat Dataran Tinggi Bagi Kehidupan

Manfaat Dataran Tinggi Bagi Kehidupan

Manfaat dataran tinggi bagi kehidupan tentunya sangat banyak. Dataran tinggi atau yang bisa disebut juga sebagai Plato atau Plateau merupakan suatu area atau wilayah yang berada di daerah tinggi. Ketinggiannya mencapai hingga lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. dataran tinggi ini terbentuk dari dataran rendah yang telah mengalami pengangkatan, sehingga biasanya dataran tinggi ini berbentuk tetap datar.

manfaat-dataran-tinggi-bagi-kehidupan

Di Negara Indonesia begitu banyak sekali manfaat dataran tinggi yang telah menhalami erosi atau pengikisan. Biasanya sisa-sisa kejadian erosi inilah yang membuat puncak tertinggi dengan ketinggian yang reltif sama. Ciri-ciri dataran tinggi sangat mudah diketahui diantaranya adalah udara pada daerah tersebut terasa begitu dingin dan sejuk, cadangan air yang berasal dari mata air alami begitu cukup melimpah, kegiatan penduduk pada umumnya hanya mengandalkan pertanian lahan kering, lahan pertanian pada dataran tinggi biasanya dibuat dalam bentuk berteras atau terasering dengan tujuan agar mampu menahan serta menjaga keseimbangan air. Tidak hanya itu saja, pada daerah dataran tinggi para penduduk juga sering melakukan budidaya berbagai tanaman holtkultura yang berupa sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias.

Contoh dataran tinggi yang ada di Negara Indonesia adalah dataran tinggi Alas dan Gayo yang berada di Aceh, dataran tinggi Kayo di Sumatera Utara, dataran tinggi Pangelangan yang berlokasi di Jawa Barat, dataran tinggi Dieng yang berada di Jawa Tengah, dataran tinggi Ijen yang berada di Jawa Timur, serta dataran tinggi Malino yang berada di Sulawesi Selatan. Pada Indonesia, lahan dataran tinggi begitu sangat melimpah. Lahan dataran tinggi biasanya digunakan sebagai pemukiman serta perkebunan. Lahan perkebunan pada taran tinggi yang sangat subur data dimanfaatkan untuk menanam kopi, the, kina serta sayur-sayuran. Maka dari itu, lahan yang ada di dataran tinggi atau daerah pegunungan perlu dilestarikan.

Baca Juga :  Cara Hidup Manusia Purba

Usaha pelestarian tanah dari bahaya erosi juga perlu dilakukan supaya tanah tidak cepat tandus karena terlalu banyak lapisan tanah bagian atas yang larut oleh air hujan. Lahan pada dataran tinggi juga bisa digunakan sebagai areal pertanian dengan menggunakan cara hortikultura. Hortikultura merupakan kegiatan memperbanyak jenis tanaman yang dipelihara pada sebuah lahan pertanian. Tujuan penanaman secara hortikultura adalah meningkatkan hasil pertanian serta mengurangi resiko gagal panen. Selain itu, hortikultura juga bertujuan supaya tanah yang ada pada dataran tinggi tetap hijau dan tidak terkena erosi.

Baca Juga :  Manfaat Emas dan Perak

Lahan di dataran tinggi begitu sangat cocok dijadikan tempat usaha perternakan. Jenis ternak yang dipelihara tentunya harus disesuaikan dengan keadaan iklim setempat, mengingat tanah yang ada di dataran tinggi memiliki iklim yang sejuk. Maka dari itu, ternak yang cocok pada kawasan dataran tinggi adalah kambing, kuda, kerbau, serta sapi. Lahan dataran tinggi juga sangat baik dijadikan sebagai hutan, mengapa demikian? Karena hutan pada dataran tinggi begitu sangat penting guna mencegah terjadinya erosi tanah, melindungi dan menjaga kesuburan tanah, serta menyimpan cadangan air.

Setelah mengetahui manfaat dataran tinggi bagi kehidupan yang telah dijelaskan di atas, maka sebaiknya mulai sekarang kita manfaatkan tanah yang ada di dataran tinggi sebaik mungkin, entah untuk perkebunan, hortikultura, perternakan, atau bahkan dibuat sebagai hutan, terlebih lagi bagi anda yang memang tinggal di dataran tinggi. Jika kita berperilaku bijak terhadap alam, maka alam juga akan bersahabat dengan kita. Sekian pembahasan tentang Manfaat Dataran Tinggi Bagi Kehidupan, baca juga pembahasan lainnya tentang Dampak Negatif Tenaga Eksogen di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online