Home / Earth Science / Ilmu Mineral / Manfaat Emas dan Perak

Manfaat Emas dan Perak

Manfaat emas dan perak banyak memiliki nilai yang tinggi. Emas dan perak merupakan logam yang digemari oleh masyarakat untuk digunakan sebagai bahan perhiasan. Logam ini juga dijadikan tolak ukur kekayaan manusia, karena logam ini bernilai jual mahal dan harganya stabil di pasaran. Emas dan perak memiliki fungsi bagi kehidupan sehari-hari. Emas termasuk logam lunak yang mudah dibentuk dan tidak mengalami reaksi saat dicampur dengan bahan lain. Perak merupakan logam yang lunak, berkialu, dan memilki warna putih. Perak ini bersifat baik sebagai konduktor listrik.logam ini tidak bereaksi saat dicampur dengan logam lain. Perak mampu mengalami oksidasi dengan warna kehitaman sebagai penandanya.

manfaat-emas-dan-perak

Untuk mengetahui manfaat emas dan perak kita bisa memperhatikan pada berbagi industri yang ada. Contohnya pada pemanfaatan Emas pada kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat, yang sering dijumpai adalah sebagi bahan perhiasan. Perhiasan ini dapt berbentuk cincin, kalung, gelang, anting, jamtangan, dan aksesoris lainnya. Perhiasan yang berbahan emas memiliki haraga yang mahal dan harganya akan selalu naik. Dengan keadaan, banyak orang yang melakukan investasi emas . Emas juga dapat dijadikan bahan untuk kesehatan gigi. Pada gigi yang berlubang, padazaman dahulu orang menambal gigi dengan mengggunakan emas.

Emas tidak memberiakn reaksi dengan logam atau senyawa lain, sehingga emas akan awet dan mendukung kesehatan gigi. Pada pesawat luar angkasa, emas digunakan sebagai pelapis pesawat. Bahan ini dipilih karean emas memiliki sifat tahan akan panas. Selain itu, emas juga digunakann sebagai bahan pelindung kepala pada astronot. Pada saat pemberian penghargaan, kitasering menjumpai bahan yang digunaakn berasal dari emas . Emas s disini memiliki makna sebagai lambang dedikasi dan derajat yang tinggi pada penghargaan. Biasanya berupa medali atau piala. Pada peralatan elektronik ternyata komponennya ada yang berasal dari campuran emas . Bahan ini dipakai karena bersifat tahan akan panas, tidak terkorosi dan mendukung proses pengiriman data pada komputer. Pada bidang kecantikan ternyata emas juga dapat dimanfaatkan, antar lain untuk bahan antioksidan pencegah peradanagn pada kulit, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, membuat wajah nampak bersinar, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baca Juga :  Manfaat Bijih Besi

Manfaat emas dan perak juga dapat memberikan keuntungan yang sangat tinggi. Pada pemnfaatan Logam perak sangat beragam, antara lain sebagai bahan perhiasan, seperti gelang, kalung, dan cincin. Perak yang banyak dijumpai adalah sebagai bahan pembuatan kerajinan, dengan bahan perak kerjianan akan lebih menarik dan bernilai jual tinggi. Pada dunai medis, perak digunakan sebagai campuran logam pada alat perlengkapan medis. Bahan ini tidak mudah mengalami korosi sehingga mencegah terjadinya infeksi. Perak juga dimanfaatkan untuk memberi penghargaan berupa medali pada ajang kejuaraan. Pada pembuatan oramen dan perhiassan, perak merupakan bahan yang sering dijadikan bahan.

Baca Juga :  Manfaat Timah Untuk Kehidupan

Perak mempunyai sifat konduktor listrik yang baik sehingga dimanfaatkan untuk pembuatan kawat listrik pengganti tembaga. Pada mata busi motor atau mobil, menggunakan komponen yang berbahan perak. Pada produksi uang koin pada zaman dahulu masih menggunakan perak, untuk zaman sekarang produksinya mulai ditinggalkan karena biaya produksi yang tinggi. Pada bidang kesehatan, ion perak dimanfaatkan sebagai suplemen memiliki manfaat sebagai membantu proses pencernaan, menangkal radikal bebas, mengaktifkan sel tubuh, meregenerasi sel tubuh, membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

Dengan manfaat emas dan perak yang beragam, sehingga mampu untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat maupun negara. Diharapkan dengan tingginya produksi emas dan perak dapat meningkatkan kesejahteraan manusia yang mengganttungkan hidupnya pada logam ini. Akan tetapi ekplotasi secara berlebih pada logam ini dapat merusak kestabilan ekosistem di alam. Sekian pembahasan tentang Manfaat Emas dan Perak, baca juga pembahasan lainnya tentang Manfaat Timah Untuk Kehidupan di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online