Home / Earth Science / Ilmu Mineral / Manfaat Platina Untuk Sehari-Hari

Manfaat Platina Untuk Sehari-Hari

Manfaat platina sangat beragam untuk menopang kehidupan manusia. Platina merupakan unsur dengan simbol Pt yang memiliki nomor atom 78 pada tabel periodik unsur. Platina memilki warna putih keperakan yang menjadi daya tarik tersendiri. Bijih platina didapat pada lingkungan magmatik pada batuan beku ultra bassa. Pada kondisi hidrotermal platina juga dapat dijumpai bijih platina. Untuk proses penambangan platina banyak dilakukan pada daerah pelapukan batuan yang mengandung bijih platina. Selain itu juga dapat ditambang pada keadaan primer, namun membutuhkan biaya operasional yang lebih tinggi. Penyebarannya di indonesia dapat dijumpai di riau dan martapura kalimantan selatan.

manfaat-platina-untuk-sehari-hari

Manfaat platina banyak dirasakan pada dunia medis maupun dunia sains sangat beragam. Dalam perhiasan juga bisa menggunakan platina karena warnanya yang cerah dan tidak teroksidasi. Didunia medis contohnya digunakan untuk perawatan gigi, penggunaan ini digunakan untuk menambal gigi yang rusak atau berlubang. Selain itu platina digunakan untuk pembuatan gigi palsu. Lalu platina digunakan untuk alat pacu jantung, pemanfaatan ini berdasasrkan sifat hypo allergic pada platina yang berfungsi sebagai logam dalam alat pacu jantung pada dunia medis.

Pada seseorang yang mengalami patah tulang, dapat dilakukan penyambungan menggunakan platina. Pemilihan logam ini dikarenakan sifatnya kokoh dan anti karat. Pada dunia medis terdapat obat cisplatin, yaitu obat yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Obat ini menggunakan bahan dari platina. Obat ini digunakan pada saat khemoterapi yang bersifat anti kanker. Dengan terapi ini dapat mencegah pertumbuhan kanker pada tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Timah Untuk Kehidupan

Manfaat platina pada bidang industri terdapat banyak alat yang menggunakan platina sebagi bahan pembuatannya. Pada industri kimia, platina digunakan untuk pembuatan katalis. Katalis ini digunakan sebagai alat untuk proses katalisator hidrogenasi, dehidrogenisasi, dan lain-lain. Katalis dengan bahan platina dijadikan sebagai katalis utama untuk pembentukan katalis-katalis lainnya. Selain penggunaan katalis, manfaat platina untuk industri kimia antara lain sebagai alat reduksi alkilasi, untuk hidrogenasi selektif senyawa nitro, membantu hidrogenasi karbonil, membantu pada proses pengubahan alkohol menjadi formaldehida. Pada industri korek, paltina dimanfaatkan dalam pembuatannya berdasarkan sifat platinum yang mampu membuat hidrogen dan oksigen meledak.

Baca Juga :  Manfaat Emas dan Perak

Pada bidang elektronik platina dimanfaatakan karena sifatnya yang tahan akan panas, memiliki kepadatan yang tinggi, memiliki sidat magnet yang bak dann mampu menyerap dan menahan hidrogen lalu meepaskannya. Dengan sifat yang terdapat padaplatina digunakan untuk bahan dasar tungku listrik pada suhu tinggi, pemilihan bahan ini berdasarkan sifat platina yang tahan akan panass. Platina juga dimanfaatkan untuk pembuatan kerucut misil luar angkasa, sifat platina yang yang kokoh dan kuat dan konduktor yang baik dimanfaatkan pada pembuatan alat ini. Setelah itu dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kerucut bensin pada mesin pesawat jet dan kendaraan lain dengan memenfaatkan sifat tahan panas dari platina.

Dengan manfaat platina yang ada, ternyata ada juga efek samping yang ditimbulkan platina khususnya pada bidang kesehatan. Pada terapi kanker, platinaa dapat dimanfaatkan sebagi obat yang dapat membunuh kanker, namun berefek samping pada perubahan DNA kanker pada tubuh. Platina juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Merusak oragan dalam seperti ginjal dan jantung. Dan berpotensi terjadi toksisitas bahan kimia pada tubuh. Sehingga dalam pengunaan platina untuk kesehatan perlu dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Sebenarnya platina ini aman, namun ada beberapa orang yang memiliki kondisi yang tidak kuat secara kimiawi pada tubuhnya. Sekian pembahasan tentang Manfaat Platina Untuk Sehari-Hari, baca juga pembahasan lainnya tentang Manfaat Emas dan Perak di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online