Home / Info Berita / Negara Terkecil Di Dunia

Negara Terkecil Di Dunia

Negara terkecil di dunia ini membuktikan bahwa untuk menjadi sebuah negara tidak perlu memiliki batas wilayah yang besar. Beberapa wilayah bahkan disahkan menjadi negara dengan luas yang tidak lebih dari 44 hektar. Bahkan salah satunya berada di atas laut, serta memiliki luas 1,6 kilometer per segi saja. Di posisi pertama Negara terkecil di dunia adalah Sealand, tempat ini sekilas tampak seperti tempat pengeboran minyak yang sudah tua. Negara ini berada 9,6 kilometer dari lepas pantai Suffolk, Inggris. Hanya dengan luas 1,6 kilometer per segi dan merupakan bekas benteng Perang Dunia II. Membuat Negara ini tidak memiliki rumah bahkan sarana transportasi serta wahana hiburan selayaknya negara pada umumnya. Negara ini Cuma terdiri dua menara beton yang dihubungkan dengan landasan besi dari Felixstowe, di perairan internasional.

negara-terkecil-di-dunia

Negara terkecil didunia selanjutnya adalah Liberland. Liberland sendiri ternyata diapit oleh dua Negara yaitu Kroasia serta Serbia. Negara ini cuma mempunya tanah seluas 8 km. Sama seperti Sealand, negara ini tidak mempunyai bangunan. Serta hanya dipenuhi pepohonan serta lading didalamnya. Bahkan untuk menjadi warga negara ini cukup gampang. Selama kalian tidak punya masa lalu terkait dengan kelompok komunis. Seperti Nazi, atau kelompok komunis lainnya yang mempunyai catatan kejahatan. Selanjutnya adalah Negara vatikan, Negara ini termasuk negara terkecil di dunia. Walaupun Negara ini seringkali muncul dalam film-film Hollywood. Negara ini ternyata hanya memiliki tanah seluas 44 hektar saja. Bahkan hanya dihuni oleh sekitar 1000 orang warga saja. Yang lebih unik lagi, sumber pemasukan negara ini diperoleh dari hasil penjualan perangko serta souvenir. Juga dari hasil penjualan tiket masuk museum, penjualan buku serta publikasi lainnya. Negara kecil ini juga terkenal dengan Basilika St Peter, yang menjadi pusat rohani bagi umat Katholik Roma serta seluruh dunia.

Negara terkecil di dunia lainnya adalah negara monako. Negara ini cuma memiliki luas tanah 2,02 km persegi. Walaupun berdiri sebagai negara berdaulat, untuk masalah pertahanan negara masih menjadi tanggung jawab Negara Perancis. Selain itu Negara ini hanya dihuni oleh 32.000 jiwa saja. Berdasarkan konstitusi pada tahun 1911, Negara ini dibagi menjadi tiga kota. Yaitu Monaco ( Monaco-Ville ), yang merupakan kota tua di tanjung berbatu. Lalu selanjutny adalah Monte Carlo yang merupakan wilayah perumahan, casino serta resort.

Dan yang terakhir adalah La Condamine, berada di bagian barat dan merupakan kawasan pelabuhan. Negara ini seringkali dijadikan destinasi liburan karena memiliki arsitektur bangunan yang unik. Bahkan Negara ini juga memiliki bendera negara yang hampir mirip dengan bendera negara Indonesia.
Negara terkecil di dunia yang terakhir adalah Nauru. Negara ini memiliki luas total wilayah sebesar 21 kilometer persegi. Terletak di bagian selatan Samudra Pasifik, dan berada di bawah persis garis khatulistiwa. Pulau ini berada di sebelah di atas Kepulauan Marshall. Sedangkan jarak dari pulau Papua ke Nauru hampir sama dengan jarak dari pulau Papua ke pulau Jawa. Negara ini dulu dijuluki sebagai Pleasant Island, serta bagian dari koloni Jerman sejak akhir abad ke 19. Setelah perang dunia pertama, Nauru berada di bawah perwalian PBB. Dan dikelola secara administrasi oleh Australia, New Zealand, serta Inggris. Namun pada tahun 1968, Nauru menyatakan diri sebagai Negara Republik seutuhnya. Negara ini dihuni oleh 14.014 jiwa penduduk. Sekian pembahasan tentang Negara Terkecil Di Dunia, baca juga pembahasan lainnya tentang Macam-Macam Peta di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online