Home / Earth Science / Ilmu Batuan / Pemanfaatan Nikel

Pemanfaatan Nikel

Pemanfaatan nikel buat kehidupan sehari hari cukup banyak dipakai oleh kita. Bahkan beberapa industri menggunakan nikel sebagai bahan dasar. Logam Nikel merupakan logam putih keperakan yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan stainless steel. Nikel dipercaya lebih kuat serta lebih mampu menahan suhu ekstrim bahkan lingkungan korosif. Serta mempunyai sifat elektronik dan magnetik yang khusus. Nikel pertama kali ditemukan pada tahun 1751 oleh Baron Axel Fredrik Cronstedt, yang merupakan ahli kimia dari Swedia. Lalu apa saja sih pemanfaatan nikel buat kehidupan sehari-hari?

pemanfaatan-nikel

Pemafaatan nikel dalam proses pembuatan stainless steel. Steel atau besi biasa merupakan bahan yang mudah sekali berkarat. Apalagi ketika mengalami proses osidasi, saat terkena air atau udara. Nikel serta krom inilah yang membuat besi tidak mudah berkarat. Jenis besi inilah yang kita kenal dengan istilah stainless steel. Stainless steel sangat populer di kalangan industri yang bergerak dibidang peralatan/perkakas.

Seperti peralatan makan, knalpot kendaraan, rantai jam tangan, besi buat konstruksi, serta peralatan sanitasi. Tidak cuma itu, ternyata mata uang juga memanfaatkan nikel. Kebanyakn mata uang suatu Negara terbuat dari kertas serta koin. Koin inilah yang seringkali menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan nikel. Ini dilakukan agar uang koin tahan terhadap karat serta membuat koin jadi mengkilap.

Baca Juga :  Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia

Pemanfaatan nikel juga sering dimanfaatkan dalam pembuatn besi baja. Besi baja seringkali dicampur dengan nikel. Karena dipercaya jauh lebih kuat daripada besi baja yang dicampur alumunium. Selain itu, campuran nikel membuat besi baja lebih tahan karat. Besi baja dengan campuran nikel seringkali digunakan dalam pembuatan jembatan, jalan layang, serta gedung bertingkat. Serta digunakan buat pembangunan rel kereta api.

Baca Juga :  Daftar Perusahaan Tambang Emas di Indonesia

Seperti yang dijelaskan, beberapa bagian dari kendaraan kalian mengandung unsur nikel. Buat kalian penggemar otomotif tentu tidak heran dengan berita ini. Biasanya nih, nikel serta krom digunakan sebagai pelapis tambahan part – part otomotif. Hal ini akan membuatnya lebih mengkilap serta menarik konsumen. Dan tentunya pemanfaatan nikel ini buat mencegah munculnya karat. Serta membuat part jadi tidak cepat rusak. Pemanfaatan nikel biasa digunakan dalam pembuatan velg, rangka, knalpot, bumper, pijakan kaki, spion, bahkan handle rem. Bahkan baling – baling pada kapal laut juga mengandung nikel.

Baca Juga :  Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Aksesoris ternyata salah satu pemanfatan nikel yang sering kita jumpai. Aksesoris seringkali melekat pada tubuh kita bukan? Aksesoris yang baik dan nyaman digunakan adalah aksesoris yang kuat serta tahan karat. Sehingga seringkali aksesoris mengunakan bahan yang serig disebut monel. Monel adalah salah satu jenis logam campuran nikel dan tembaga. Campuran ini akan menghasilkan logam yang keras serta kuat. Tentunya tahan terhadap karat sehingga nyaman digunakan. Harga aksesoris dengan menggunakan bahan ini memiliki harga yang relatif lebih terjangkau daripada stainless.

Fungsi nikel yang sangat serbaguna membuat banyak Negara yang mengimpor bahan ini. Selain bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Nikel merupakan sesuatu hal yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari. Bahkan pada tahun 2011, Rusia merupakan produsen utama bijih nikel, yang diikuti dengan Indonesia, Filipina, serta Kanada. Seperti yang kalian ketahui, sebagian besar cadangan nikel dunia berada di Australia, Brasil, Kanada, Kuba, Kaledonia Baru, serta Rusia. Walaupun demikian alangkah lebih baik kalau tetap berjaga-jaga dengan nikel. Karena terlalu sering terkontaminasi dengan nikel, kalian bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sakit kepala, sakit jantung atau paru, dll. Sekian pembahasan tentang Pemanfaatan Nikel, baca juga pembahasan lainnya tentang Koordinat GPS Dalam Mencari Lokasi di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online