Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Penipisan lapisan ozon merupakan satu kondisi yang kini sedang mengancam kehidupan di bumi. Bumi merupakan planet yang ada di tata surya dan ditempati oleh berbagai macam jenis makhluk hidup. Bumi adalah satu dari sekian banyak planet yang ada pada sistem tata surya. Tata surya terdiri dari berbagai macam benda, diantaranya adalah planet, matahari, bulan, komet asteroid, dan berbagai benda yang lain.

penyebab-penipisan-lapisan-ozon

Pada tata surya terdapat berbagai macam aktivitas yang justru terkadang mengandung unsur bahaya bagi benda yang ada di langit, termasuk planet bumi. Lapisan yang menyelimuti bumi disebut dengan lapisan atmosfer. Pada lapisan atmosfer terdapat sebuah lapisan yang keberadaannya begitu sangat penting bagi bumi, lapisan tersebut yaitu lapisan ozon. Lapisan ozon merupakan salah satu lapisan atmosfer dan keberadaannya tepat di bagian lapisan stratosfer. Tentunya kita sudah sering mnedengar nama lapisan ozon, terutama saat dibangku sekolah dan sedang membahas pelajaran geografi.

Lapisan ozon merupakan lapisan yang begitu sangat penting bagi bumi dikarenakan lapisan ozon ini mempunyai fungsi untuk menghalangi sinar ultaviolet yang berasal dari matahari, mengingat sinar ultraviolet merupakan suatu sinar yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai macam jenis penyakit serta dapat membuat kematian bagi berbagai macam macam makhluk hidup. lapisan ozon berkerja dengan menyerap sinar ultra violet tesebut ke dalam lapisannya, sehingga tidak langsung menyinari permukaan bumi ini.

Baca Juga :  Pembentukan Benua dan Samudra

Lapisan ozon memiliki fungsi yang sangat penting bagi bumi, fungsi tersebut diantaranya adalah lapisan ozo berguna untuk mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang masuk ke dalam permukaan bumi, lapisan ozon berperan sebagai pelindung bumi agar sinar ultraviolet tidak langsung mengenai permukaan bumi, lapisan ozon berperan menyerap sinar ultraviolet, lapisan ozon berguna untuk menjaga suhu yang ada di bumi agar tetap selalu stabil, lapisan ozon melindungi permukaan bumi dari berbagai jenis benda langit yang jatuh.

Baca Juga :  Batu Giok Telah Lama Menjadi Buruan

Sayangnya, kini lapisan ozon yang berperan sangat penting bagi kita justru mengalami penipisan. Penipisan lapisan ozon ini merupakan salah satu bentuk dari rusaknya lapisan ozon. Padahal lapisan ozon yang menipis akan menjadi mudah berlubang, sedangkan saat lapisan ozon ini berlubang maka lapisan ozon tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimak. Dengan demikian maka akan banyak kerugian yang menimpa ketika lapisan ozon ini menipis.

Baca Juga :  Tipe-Tipe Gunung Api

Penipisan ozon ini disebbakan oleh berbagai gas yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon. Bebrapa gas yang membuat terjadinya penipisan ozon adalah CFC atau Chlorofluorocarbon, halons, bromide, karbon tetraklorida, serta senyawa klorin yang mengandung metil kloroform dan jenis lain yang dapat melepaskan klorin atau bromin saat pecah. Gas-gas penyebab terjadinya lapisan ozon ini sebenarnya dapat dipriduksi melalui kegiatan sehari-hari atau penggunaan berbagai alat tertentu. Semakin penyebabnya diproduksi setiap hari tentunya berdampak pada lapisan ozon yang selalu menipis.

Berbagai penyebab lapisan ozon adalah antara lain sebagai berikut :

1. Penggunaan kendaraan dalam jumlah yang terlalu banyak
Kendaraan merupakan alat transportasi, namun kendaraan ini sebenarnya akan menimbulkan asap sebagai penyebab polusi udara. Nah, asap-asao kendaraan tersebut akan menyumbangkan polusi udara yang megandung berbagai jenis gas yang menyebabkan penipisan lapisan ozon.

2. Penggundulan hutan
Ketika hutan digunduli maka produksi karbon akan sulit dikendalikan, hal ini menyebabkan cepatnya proses penipisan ozon

3. Banyak asap pabrik
Asap pabrik mengandung gas berbahaya dan menyebabkan penipisan lapisan ozon.
Selain 3 faktor penyebab di atas, masih banyak faktor lain yang menyebabkan penipisan lapisan ozon. Sekian pembahasan tentang Penyebab Penipisan Lapisan Ozon, baca juga pembahasan lainnya tentang Fakta Antartika Unik dan Menarik di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online