Home / Ilmu Peta / Peta / Perbedaan Peta Atlas dan Globe

Perbedaan Peta Atlas dan Globe

Perbedaan peta atlas dan globe begitu sangat banyak, tentunya kita pernah mendapatkan pelajaran mengenai peta dan globe saat masih duduk dibangku sekolah. Namun, masih ingatkah anda apa perbedaan yang mengikat diantara keduanya? Jika anda lupa mari kita sama-sama mengingat perbedaan diantara keduanya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

perbedaan-peta-atlas-dan-globe

Sebelum kita membahasan mengenai perbedaan peta atlas dan globe, ada baiknya kita memahami dahulu apa itu peta. Peta merupakan gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dan dilukiskan pada bidang yang datar, ukurannya diperkecil dengan skala tertentu, kemudian digambar dengan menggunakan simbol-simbol dan dapat dilihat hanya dari atas. Simbol-simbol yang digunakan pata peta adalah simbol konvensional atau simbol yang digunakan berdasarkan kesepakatan yang dipakai oleh kertografer. Kartografer merupakan seseorang yang ahli peta, sedangkan ilmu yang mempelajari mengenai peta biasa disebut sebagai kartografi.

Sedangkan globe adalah sebuah miniature bumi atau bisa disebut dengan tiruan bentuk bumi yang dibuat dalam ukuran yang kecil. Jika diperhatikan dengan seksama, sebuah globe biasanya akan dipasang dengan kondisi yang miring atau tidak tegak lurus dengan bidang permukaan tempat globe disimpan. Mengapa demikian? Karena hal ini disesuaikan dengan poros bumi yag keadaannya juga miring, kemiringannya yaitu sebesar ,50 dari bidang edarnya atau bisa disebut dengan bidang eliptika. Meskipun dibentuk sedemikian rupa agar mirip bumi pada aslinya, namun globe memiliki kekurangan, kekurangan-kekurangan globe diantaranya sebagai berikut in:

1. Skala globe terlalu kecil sehingga membuat informasinya tidaklah lengkap atau hanya bersifat umum saja. Masih banyak informasi yang tidak terpetakan di dalam globe.
2. Globe tidak simpel, maksudnya globe tidak mudah dibawa ke mana-mana lain halnya dengan peta atau atlas yang bisa dengan mdah dibawa ke mana-mana.

Disamping kekurangan yang dimilikinya, globe juga memiliki banyak sekali kelebihan serta kegunaan. Kelebihan serta kegunaan globe antara lain sebagai berikut ini :

  1. Bentuk globe mirip dengan bentuk bumi yang sebenarnya.
  2. Letak astronomis serta geografis di globe begitu mudah dipelajari, hal ini dikarenakan globe dibuat mengikuti bentuk bumi. Sedangkan pada peta, garis lintang serta garis bujur yang terlihat merupakan sebuah hasil dari proyeksi yang mengandung unsur distorsi atau kesalahan.
  3. Gambaran dataran serta lauutan pada globe dapat terlihat dengan baik persebarannya, karena dibuat sesuai dengan kenyataan.
  4. Pembagian iklim matahari dapat dipelajaru dnegan begitu mudah menggunakna globe.
  5. Globe juga dapat menirukan gerakan rotasi bumi serta posisi bumi terhadap ekliptika.
  6. Meskipun informasi mengenai permukaan bumi yang didapat dari sebuah globe sangat terbatas, namun terdapat informasi penting yang hanya diperoleh dari globe, diantaranya adalah :
    • Dari globe, kita dapat mengetahui letak astronomis suatu wilayah yang ada dipermukaan bumi.
    • Melalui globe kita dapat mengetahui perbedaan iklim melalui garis lintang.
    • Melalui globe kita dapat mengetahui waktu daerah yang ada di dunia.
    • Melalui globe kita dapat mengetahui persebaran bentang alam yang ada di dunia seperti misalnya datara, lautan, danau, sungai, dan lain sebagainya.

Terdapat 3 perbedaan peta atlas dan globe yaitu peta dilukis pada bidang yang datar sedangkan globe dilukis pada bidang yang lengkung, peta tidak selalu menggambarkan secara keseluruhan permukaan bumi sedangkan globe sudah pasti menggambarkan seluruh permukaan bumi, dan yang terkahir adalah peta memiliki garis tepi sedangkan globe tidak memiliki garis tepi. Meskipun demikian, baik peta maupun globe tentunya memberikan banyak manfaat serta membantu kita untuk lebih mengetahui permukaan bumi ini. Sekian pembahasan tentang Perbedaan Peta Atlas dan Globe, baca juga pembahasan lainnya tentang Bentuk Muka Bumi Di Dasar Laut di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online