Home / Info Berita / Reklamasi Teluk Jakarta

Reklamasi Teluk Jakarta

Reklamasi teluk Jakarta merupakan hal yang vital untuk dibahas, terutama pada saat pilkada seperti saat ini. Menurut saya sendiri, sebagai ahli Geologi, reklamasi perlu dilaksanakan, karena mengingat permukaan tanah dijakarta terus turun sebanyak 7 cm pertahun, bayangkan saja 7 cm pertahun, itu sudah sama dengan pergerakan dari lempeng bumi yang mencapai 5-10 cm pertahun. Bahkan, dibeberapa daerah penurunan permukaan tanah dapat mencapai 17 cm pertahun, alangkan mengerikan jika saya sudah tua nanti melihat Jakarta sudah terendam oleh air laut.

Penurunan permukaan tanah ini disebabkan karena pengambilan air bawah tanah dengan skala besar-besaran, sehingga tidak ada waktu untuk air yang bawah tanah untuk terisi dan penuh seperti semula. Seperti yang kita ketahui bahwa air bawah permukaan memerlukan waktu puluhan tahun untuk dapat mengalir dan mengisi ruang tersebut. Jika ada ahli teknik geologi yang mengatakan bahwa reklamasi itu tidak berguna, alangka bodoh sekali dia, sepertinya orang itu harus kuliah geologi teknik lagi untuk dapat memahami konsep yang kompleks ini.

Reklamasi teluk Jakarta ini mencakup 17 pulau dengan pemberian nama A-Q dengan luas yang bervariasi mengikuti topografi luat yang ada di pantai utara Jakarta. Dengan luas paling kecil 32 Hekta sampai dengan 587 hektar diharapkan dapat menampung warga lebih banyak dengan membangun rumah tipe apartemen untuk warga yang bekerja di daerah rekalmasi teluk Jakarta tersebut.

Jika kita melihat pantai utara Jakarta saat ini, ekosistem sudah sangatlah rusak, oleh sebab itu perlu ide atau cara untuk mengembalikannya dengan melakukan reklamasi teluk Jakarta. Pasti hal tersebut memerlukan biaya yang sangat mahal tentunya. Belum lagi harus memindahkan penduduk pantai utara, wah, mikirnya saja sudah pusing. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk membuat ekosistem baru yang dapat menahan ekosistem yang lama agar dapat pulih kembali dengan cara mendaur ulang air tersebut.

Air yang sudah didaur ulang akan dikembalikan ke warga setempat dengan menggunakan PAM. Ide yang sangat luar biasa sekali, dengan mendaur ulang air kepada warga, diharapkan pengambilan air bawah permukaan sekala besar-besaran dapat dihentikan. Karena percuma saja membuat tanggul sekarang, pertahunnya turun 7 cm, ya tanggul gak akan nahan lama dong, lama-kelamaan jakarta bakal tenggelam akibar penurunan muka tanah tersebut.

reklamasi-teluk-jakarta

Selain itu juga, manfaat dibuatnya reklamasi teluk adalah dapat menahan laut dari proses sedimentasi dari angkutan material sungai-sungai yang ada di Jakarta. Adapaun dana yang diperlukan untuk proses reklamasi ini adalah Rp540 triliun.

Perlu kita sadari bahwa, negara-negara yang daerahnta dekat dengan bibir pantai pun melakukan reklamasi seperti Hongkong, Singapura, Bubai, Miami, Osaka dan lain-lain. Bahkan water front area didaerah reklamasi negara-negara tersebut menjadi daerah kawasan wisata yang sangat menarik baik warga asli maupun turis, yang dapat meningkatkan ekonomi baru bagi warga sekitarnya. Alangkah sangat terlalu jika reklamasi teluk Jakarta ini tidak segera diselesaikan, karena ini merupakan project yang sangat luar biasa, sangat jarang sekali Indonesia membuat project-project yang masuk akal dan tidak hanya membuang-buang uang rakyat.

Demikian pembahasan tentang Reklamasi Teluk Jakarta, baca juga pembahasan lainnya tentang Tambang Pasir Merapi di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online